Konsultasi dengan Dokter Kini dapat dilakukan via Smartphone

Agar masyarakat dapat lebih cepat untuk melakukan komunikasi dengan dokter, maka ada satu aplikasi bernama Hello Doctor kini telah dapat diunduh dan diinstal secara gratis.

Hello Doctor


Aplikasi yang juga berfungsi sebagai sarana konsultasi antara masyarakat dan dokter secara langsung ini dibuat agar semua orang yang memiliki keterbatasan ruang dan waktu dapat mengutarakan atau menanyakan keluh kesah akan kesehatannya kepada pihak yang terpercaya dalam hal ini adalah tenaga medis tentunya.

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengharapkan aplikasi Hello Doctor dapat bermanfaat untuk akses komunikasi bagi publik dengan para dokter secara langsung sehingga dapat memberi sumbangsih dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Aplikasi ini baik karena dapat membantu komunikasi untuk membantu Indonesia lebih sehat," kata Nafsiah di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (29/04).

Walaupun semua keluhan dapat ditanyakan ke dokter secara langsung dengan menggunakan aplikasi ini, namun bukan berarti segalanya dapat teratasi dengan begitu saja, karena dalam beberapa kasus akan ditemui seorang pasien diwajibkan menemui dokter secara langsung terkait kesehatannya.

"Harapannya dari aplikasi ini dapat berkelanjutan sehingga memberi kontribusi bagi kesehatan masyarakat mengingat belakangan angka penderita penyakit tidak menular (PTM) terus meningkat karena gaya hidup yang tidak sehat," jelasnya.

Nafsiah menyebutkan sebanyak 59 persen penyakit di Indonesia disebabkan PTM seperti jantung, diabetes, gagal ginjal dan hipertensi. Bahkan dia mengatakan pemerintah sampai menghabiskan anggaran sampai 80 persen dari Jamkesmas 2013 untuk menanggulangi PTM.

"Dengan adanya aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi menciptakan gaya hidup masyarakat yang makin sehat terutama dengan memaksimalkan gadget yang kini kian banyak dimiliki masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Digital Lifestyle Telkomsel Marina Kacaribu mengatakan Hello Doctor dapat diakses oleh masyarakat yang menggunakan operator Telkomsel.

Aplikasi dapat diunduh secara gratis di laman www.hellodoctor.co.id atau melalui pesan singkat dengan menekan *500*67# lewat ponsel. Dia juga mengatakan, aplikasi tersebut menyediakan konten seperti saran kesehatan setiap hari.

Telkomsel mengenakan tarif Rp. 2200 per hari bagi pelanggan yang mendaftarkan untuk mendapatkan manfaat dari aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Afrika Selatan itu.
Share on Google Plus

About Michael Vahlepi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Komentar:

Posting Komentar

Syarat & Ketentuan dalam Berkomentar:

- Dilarang Berkata Kasar ataupun Bersifat Rasis
- Dilarang Berkomentar diluar dari Isi Artikel yang di Baca
- Dilarang Berkomentar yang Bersifat PROMOSI
- Dilarang Menyertakan LINK AKTIF pada Komentar