Cara Terbaru Berkomentar dengan OpenID

OpenID adalah sebuah fitur bagi user (pengguna) yang memungkinkan pengguna/seseorang untuk masuk kedalam berbagai layanan menggunakan identitas (ID). Sehingga pengguna tidak perlu lagi membutuhkan username dan passsword untuk masuk pada sebuah layanan di internet. OpenID biasanya berbentuk sebuah url atau link yang didapatkan dari layanan OpenID. Ada beberapa layanan penyedia OpenID seperti AOL, Google, Microsoft, MySpace, PayPal, dan Yahoo.

OpenID

Bagi pengguna blog di internet OpenID sering kita jumpai pada form komentar ataupun form pendaftaran sebuah layanan seperti blog, website tools, dsb. Anda tentu juga pernah melihat ini pada komentar blog, namun saya rasa belum semuanya mengetahui apa fungsinya.

Fungsi dan Manfaat OpenID itu sendiri sudah jelas untuk mempermudah seseorang (pengguna) untuk masuk atau mendaftar pada sebuah website yang menyediakan/mengizinkan OpenID sebagai pengganti username. Bagi kita pengguna blogger ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti Name/URL ketika ingin berkomentar. Karena Ada beberapa blog yang tidak mengizinkan komentar dengan Name/URL atau Anonymous, OpenID bisa menjadi solusinya untuk tetap meninggalkan link/url di website tersebut tanpa harus menggunakan link profil blogger.

Langsung Ke topik pembahasan, Apakah Anda Pernah Mengalami Error saat ingin Berkomentar dengan Menggunakan OpenID ? Bagi Blogger Baru yang baru memulai untuk ngeblog (seperti Saya) pasti pernah mengalami hal serupa. Error yang Saya Maksud disini ialah pada saat ingin mempublish Komentar dengan OpenID selalu Muncul pesan Error "Ups, itu Kesalahan!" seperti gambar dibawah ini!

Ups itu Kesalahan

Mengapa Hal Demikian bisa terjadi ? Ya karena ternyata pada beberapa bulan yang lalu memang pihak blogger (google) telah meniadakan atau menonaktifkan Layanan OpenID tersebut, sehingga para pengguna yang merasa telah memverifikasi akun OpenID tidak bisa lagi berkomentar dengan menggunakan Layanan OpenID dan selalu Muncul pesan error seperti diatas.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara terbaru berkomentar dengan menggunakan OpenID. Cara ini sendiri saya baca diblognya edynlaskar.com. Carannya Cukup mudah, kita hanya memanfaatkan situs pihak ketiga untuk mengatasinya yaitu stackexchange.com.

StackExchange


Langkah-Langkah yang harus dilakukan :

1. Kunjungi website https://openid.stackexchange.com/ Kemudian Klik Register atau bisa langsung klik Disini.

StackExchange OpenID

2. Kemudian Silahkan Anda Registrasi dengan data-data sesuai yang diperlukan. khusus untuk password, password harus mengandung Huruf Besar, Huruf Kecil, dan Angka (contoh: CaraLagi9075) serta jangan lupa captcha nya lalu klik "send confirmation email".

Register

3. Setelah itu Silahkan Anda buka (login) Email yang Anda daftarkan tadi, kemudian buka email dari stackexchange lalu anda klik "Click here to complete your registration on Stack Exchange"

Email

4. Setelah Konfirmasi Email, Silahkan Anda Login ke Akun StackExchange Anda di https://openid.stackexchange.com/account/login.

Login

5. Lalu silahkan Anda Klik tulisan "Use your own URL to log in" setelah itu silahkan Anda Salin Kode yang Muncul setelah di klik tersebut.

Klik

Salin

6. Selanjutnya silahkan Anda Login ke Blogger >> Template >> Edit HTML, lalu silahkan Anda tempel kode yang di salin tadi di bawah kode <HEAD> atau jika Anda menggunakan Settingan yang lama silahkan Saja anda Ganti 2 baris kode tersebut dengan kode yang baru di salin tadi, Simpan Template.

kode yang lama :

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

ganti dengan yang baru :

<link rel="openid2.provider" href="https://openid.stackexchange.com/openid/provider">
<link rel="openid2.local_id" href="https://openid.stackexchange.com/user/301079da-b276-418d-8fbc-55c4c9064847">

7. Untuk pertama kali anda berkomentar menggunakan OpenID tadi, anda akan diminta untuk men-konfirmasi (Authentication) OpenID anda ke layanan StackExhange OpenID.

8. Selesai! Silahkan Anda Coba dengan Berkomentar di blog yang menyediakan OpenID.

Itulah tutorial atau Cara Terbaru untuk Berkomentar dengan Menggunakan OpenID, Semoga apa yang Saya Bagikan Kali ini bisa bermanfaat!
Share on Google Plus

About Michael Vahlepi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

11 Komentar:

  1. bukti komentar dengan OpenID :)

    BalasHapus
  2. bisa dicoba nih triknya komen pakai open ID yg biasanya selalu error, makasih infonya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yg saya alamin kemaren mbak ...
      saya cari2 digugel , ternyata emng dah dinonaktifkan sama blogger nya :(

      Hapus
  3. Oh iya.. bisa gann..
    wiss kerennn :)

    BalasHapus
  4. makasih gan triknya,
    izin nyoba gan

    BalasHapus
  5. test dulu yaaa...
    mudah mudahan bisa :D

    BalasHapus
  6. terimakasih telah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat sekali
    di tunggu informasi selanjutnya, sukses terus

    BalasHapus

Syarat & Ketentuan dalam Berkomentar:

- Dilarang Berkata Kasar ataupun Bersifat Rasis
- Dilarang Berkomentar diluar dari Isi Artikel yang di Baca
- Dilarang Berkomentar yang Bersifat PROMOSI
- Dilarang Menyertakan LINK AKTIF pada Komentar